SILABUS PENDIDIKAN AKHLAK
Kompetensi Yang Diharapkan:
1. Memahami
akhlak yang terkait dengan pengertian, perbedaan dan persamaan antara akhlak,
moral, dan etika, kebutuhan manusia terhadap akhlak.
2. Memahami
akhlak terpuji yang terkait dengan syukur, sabar, pemaaf, jujur, ikhlas dan
berbuat baik kepada orang tua.
3. Memahami
akhlak tercela yang terkait sifat munafik, sombong, ria, dengki, busuk hati,
dan mengadu domba.
4. Memahami
pengertian, bentuk-bentuk, dan tujuan pembelajaran akhlak.
5. Memahami
pengertian, macam-macam kompetensi guru, dan langkah-langkah untuk
mewujudkannya.
6. Melaksanakan
pembelajaran akhlak.
Indikator Kompetensi :
1. Mampu
memahami dan menjelaskan akhlak yang terkait dengan pengertian, perbedaan dan
persamaan antara akhlak, moral, dan etika, kebutuhan manusia terhadap akhlak.
2. Mampu
memahami dan menjelaskan akhlak terpuji yang terkait dengan syukur, sabar,
pemaaf, jujur, ikhlas dan berbuat baik kepada orang tua.
3. Mampu
memahami dan menjelaskan akhlak tercela yang terkait sifat munafik, sombong,
ria, dengki, busuk hati, dan mengadu domba.
4. Mampu
memahami dan menjelaskan pengertian, bentuk-bentuk, dan tujuan pembelajaran
akhlak.
5. Mampu
memahami dan menjelaskan pengertian, macam-macam kompetensi guru, dan
langkah-langkah untuk mewujudkannya.
6. Mampu
melaksanakan pembelajaran akhlak.
Materi :
A. Pengertian,
ruang lingkup dan manfaat mempelajari ilmu akhlak
1. Pengerian
ilmu akhlak
2. Ruang
lingkup pembahasan ilmu akhlak
3. Manfaat
mepelajari ilmu akhlak
B. Fitrah
dan kemampuan dasar yang dimiliki manusia
1. Fitrah,
kecenderungan dan kemampuan dasar manusia
2. Akal,
qalbu dan nafs
3. Kebebasan,
tanggung jawab dan hati nurani
4. Hak,
kewajiban dan keadilan
5. Hubungan
hak, kewajiban dan keadilan dengan akhlak
C. Hubungan
ilmu akhlak dengan ilmu lainnya
1. Hubungan
ilmu akhlak dengan ilmu tasawuf
2. Hubungan
ilmu akhlak dengan ilmu tauhid
3. Hubungan
ilmu akhlak dengan ilmu jiwa
4. Hubungan
ilmu akhlak dengan ilmu pendidikan
5. Hubungan
ilmu akhlak dengan ilmu filsafat
D. Sejarah
perkembangan ilmu akhlak
E. Etik,
moral dan susila
1. Etika
2. Moral
3. Susila
4. Hubungan
etika, moral dan susila dengan akhlak
F. Baik
dan buruk
1. Pengertian
baik dan buruk
2. Penetuan
baik dan buruk
3. Sifat
dari baik dan buruk
4. Baik
dan buruk menurut ajaran Islam
G. Akhlak
mahmudah dan akhlak mazmumah
1. Akhlak
mahmudah (pengertian, dalil dan manfaat)
a. Syukur,
sabar, pemaaf, jujur, ikhlas
b. Berbuat
baik kepada orangtua
2. Akhlak
Mazmumah (pengertian, dalil dan manfaat)
a. Munafiq,
sombong, ria, dengki
b. Busuk
hati dan mengadu domba
H. Proses
pembentukan akhlak
1. Proses
pembentukan akhlak dan metode pembinaan akhlak
2. Faktor
yang mempengaruhi pembentukan akhlak
I.
Urgensi dan kompetensi guru dalam pembelajaran
akhlak
1. Pengertian
2. Macam-macam
kompetensi guru
3. Urgensi
kompetensi guru dalam pembelajaran akhlak
J.
Problematika masyarakat modern dan pentingnya pendidikan akhlak
1. Pemaknaan
masyarakat modern
2. Problematika
masyarakat modern
3. Tantangan
dan pentingnya pendidikan akhlak dalam menghadapi problematika masyarakat
modern
Kepustakaan :
1. Abudin
Nata, Akhlak Tasawuf
2. Ahmad
Attin, Etika Ilmu Akhlak
3. Abdul
Mustaqim, Akhlak Tasawuf Jalan Menuju Revolusi Spritual
4. Yahya
Jaya, Peranan Taubat dan Maaf Dalam Kesehatan Mental
5. Ella
Yulaelawati, Kurikulum dan Pembelajaran; Filosofi, teori, dan Aplikasi
6. Mukhtar,
Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
7. Ramayulis,
Ilmu Pendidikan Islam
8. Syafruddin
Nurdin dan M. Basyiruddin Usman, Guru Profesional; Implementasi Kurikulum
9. Tohirin,
Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
10. M.
Hasbi Ash Shiddieqy, Al-Islam
ada yg lebih dr ini ngak bg
BalasHapus